Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Pemanfaatan Sistim Informasi dalam Pengelolaan Inventori

Inventori (stok barang) merupakan permasalahan operasional yang sering dihadapi oleh managemen. Inventori bisa berupa jumlah barang yang diletakkan/disimpan di gudang. Jika jumlah inventori terlalu sedikit dan permintaan/pemakaian terhadap barang semakin meningkat dimana kondisi tersebut tidak diimbangi dengan persediaan yang memadai, hal ini akan mengakibatkan terganggunya operasional bank dan kualitas pelayanan serta menimbulkan resiko reputasi bagi bank. Begitu juga jika inventori terlalu besar, hal ini akan mengakibatkan kerugian bagi bank karena harus menyediakan tempat yang lebih besar, kemungkinan terjadinya penyusutan nilai guna barang, serta harus menyediakan biaya-biaya tambahan yang terkait dengan dengan biaya inventori seperti biaya pemeliharaan dan biaya akuntansi. Karena itu, manajemen harus bisa memutuskan berapa banyak suatu barang harus disiapkan (distok) di gudang.

Sistim informasi yang digunakan pada kali ini adalah sistim informasi yang bersifat web-based sehingga dapat diakses melalui jaringan baik lokal maupun internet dan bersifat opensource sehingga dapat digunakan dan dikustomisasi dengan bebas serta tidak perlu membayar biaya lisensi apapun (gratis). Aplikasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah phreebooks  2.0 yang diunduh gratis dari situs http://sourceforge.net/projects/phreebooks.   Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman php dan database Mysql.

Aplikasi ini dapat dikustomisasi dengan mudah tanpa perlu memiliki kemampuan pemrograman yang tinggi, karena aplikasi ini dapat diakses dengan memilih menu – menu yang sudah tersedia. Alur proses penggunaan aplikasi mulai dari penambahan user sampai dengan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan baik. Hak akses setiap user dapat diatur guna kepentingan keamanan, sehingga user tertentu hanya boleh melihat data – data tertentu saja tanpa bisa melakukan perubahan erhadap data yang dilihatnya. Disamping itu, laporan yang dihasilkan cukup memberikan informasi tentang kondisi pembelian dan pemakaian inventori. Laporan juga bisa diekspor ke dalam format MS Excel, sehingga data laporan bisa diolah menjadi bentuk laporan yang lain. Sifat aplikasi yang opensource juga sangat menguntungkan karena bebas biaya lisensi dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini juga bersifat webbased yang diinstal pada komputer server,  sehingga dapat diakses oleh pengguna yang berhak dari mana saja selama masih terhubung dalam jaringan atau internet.

Berikut beberapa tampilan aplikasi inventori

halaman login phreebooks

daftar inventori phreebooks

contoh laporan

contoh laporan

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

5 + twenty =