become one of my friends on my pesbuk

topik-topik….

bener gak sih ?

ridwan.staff.unri.ac.id-Google pagerank and Worth

arsip….

Digitalisasi Jurnal … Bagian 1

Disclaimer : jika setelah membaca tulisan ini anda jadi bingung, percayalah : itu berarti anda masih normal.

Kali ini penulis akan menyajikan tutorial digitalisasi jurnal. Jurnal yang sudah ada akan diubah ke bentuk naskah digital dan kemudian diupload ke website sehingga dapat diakses melalui jaringan/internet. Tutorial ini disusun berdasarkan pengalaman penulis saat mengelola Jurnal Sains dan Teknologi, JST, Fakultas Teknik Universitas Riau. Situs JST dikembangkan ojs.

Beberapa langkah yang dilakukan adalah :

  1. Naskah yang sudah terbit di ubah kebentuk digital. Jika softcopy naskah masih ada, file tersebut diconvert ke dalam format pdf, namun jika tidak ada, jangan khawatir, harga scanner sudah sangat murah (jangan beli scanner nya Dinas PU DKI yang berharga ratusan juta rupiah yaa…). Scan naskah tadi dan ubah ke dalam format pdf.
  2. Pembuatan file xml. Template file xml dapat dilihat di dokumentasi OJS. Contoh/format file xml yang digunakan dapat dilihat di sini. File xml dapat dibuat menggunakan text editor apa saja dan yang perlu diperhatikan adalah filenya harus disimpan dengan ekstensi xml (*.xml). Untuk data yang tidak ada/tidak diketahui isinya, seperti nama tengah, nama belakang, email atau lainnya dapat diisikan seperti berikut <email><![CDATA[]]></email>
  3. Sebelum file xml diupload ke engine OJS, lakukan validasi terlebih dahulu terhadap file yang baru dibuat untuk menjamin tidak ada kesalahan dalam penginputan datanya. Bagi pengguna linux dan Mac, xml dapat diperiksa menggunakan perintah xmllint pada console. Untuk pengguna windows, bisa ditanyakan ke google.

    Validasi xml menggunakan xmllint

  4. Berikutnya adalah upload file tadi ke engine OJS. Login sebagai admin, lalu pilih menu user home > jurnal Manager > Import/Export Data. Dari daftar menu Import/Export Data, pilih menu Articles & Issues XML Plugin.

    Import file xml

    Langkah berikutnya adalah edit issue data, upload naskah pdf dan cover, tapi nanti aja ya…