become one of my friends on my pesbuk

topik-topik….

bener gak sih ?

ridwan.staff.unri.ac.id-Google pagerank and Worth

arsip….

Upgrade Moodle

Berikut adalah proses upgrade yang pernah penulis lakukan terhadap Moodle dari versi 1.6 ke versi 1.9.2 yang ada di http://eng.unri.ac.id/lms. Proses upgrade berjalan sangat mulus, tetapi walaupun begitu penulis harapkan agar sebelum memulai, lakukan backup sebelumnya (karena kita tidak tahu apa yang terjadi….  ), coba lakukan dulu proses upgrade di server atau komputer lain.

  1. Siapkan secangkir kopi panas dan beberapa pisang goreng…..
  2. Pastikan anda memiliki hak akses sebagai admin di Moodle (lagian ini kan tugas admin ya… kalau cuma user biasa..ngapain juga)
  3. Upload source Moodle yang baru ke server. Anda harus punya akses minimal FTP untuk bisa mengupload source nya, kalau tidak punya ?……berarti anda bukan admin nya doong..ngapain juga…
  4. Sesuaikan configurasi Moodle yang baru atau copy-paste kan config.php Moodle yang lama ke dalam folder Moodle yang baru
  5. Login ke Moodle dengan account admin, pada saat login akan muncul tampilan berikut, pilih “Yes” (katanya tadi mau upgrade kan?, kalau gak mau upgrade, pilih “No”)

    screenshoot updrade

  6. Kemudian Moodle akan mencheck, apakah server (Mysql, Php dan librarynya) anda sekarang mendukung Moodle yang baru

    requirements checks

  7. Jika semua requirementnya telah sesuai, klik Continue
  8. Selanjutnya Moodle akan mencheck plugin yang sudah terpasang. Jika sebelumnya Anda pernah memasang plugin tambahan (di luar plugin standar bawaan saat instalasi Moodle), sebaiknya di uninstall dulu plugin tersebut. (Siapa tahu plugin tersebut gak cocok dengan Moodle baru nya).

    plugin checks

  9. Cek option “Unattended operation” dan klik link “Continue”, dan biarkan Moodle bekerja mengupgrade databasenya (ada baiknya anda minum kopinya..ntar keburu dingin….)

    update database Moodle

  10. Dan selesai sudah, jika tidak ada pesan error dan anda tiba di tampilan berikut

    Update selesai

  11. Selamat mencoba

Mungkin berikutnya saya akan menuliskan disini..bagaimana cara memasang plugin openmeetings di Moodle…kapan-kapan lah..ya